Kehamilan Ibu

http://www.bayi.us

Minggu ke 25 Kehamilan

Sudah saatnya untuk anda untuk mencari kelas-kelas untuk senam kehamilan. Kelas kehamilan ini diperlukan oleh anda untuk mempermudah dan membantu anda mempersiapkan diri untuk persalinan terutama bagi anda yang sedang mengalami kehamilan yang pertama kali. Selain anda, suami anda
pun dapat memperoleh informasi mengenai proses melahirkan, ataupun pengetahuan mengenai hal-hal yang mungkin terjadi pada saat melahirkan.

Pada umumnya kelas senam kehamilan hampir serupa dan menawarkan pilihan-pilihan yang serupa. Pemilihan tempat senam kehamilan sebaiknya berdasarkan pertimbangan antara lain jumlah dari peserta yaitu tidak terlalu banyak peserta karena akan mengakibatkan kurang efektifnya pertukaran informasi, rekomendasi dari dokter atau bidan anda.

Tulang bayi anda di minggu ini semakin mengeras dan bayi anda menjadi bayi yang semakin kuat. Saluran darah di paru-paru bayi sudah semakin berkembang. Garis disekitar mulut bayi sudah mulai membentuk tetapi fungsi menelan sudah semakin membaik. Indera penciuman bayi sudah semakin membaik karena di minngu ini bagian hidung bayi (nostrils) sudah mulai berfungsi. Berat bayi sudah mencapai 650-670 gram dengan tinggi badan 34-37 cm.

Minggu ke 26 Kehamilan

Seiring dengan semakin membesarnya perut anda mungkin anda mulai merasakan sakit pada bagian punggung. Sakit ini bisa berupa pegal-pegal. Hal ini dikarenakan dengan membesarnya perut anda maka secara refleksi menyebabkan pundak anda kearah belakang untuk menahan beban depan tubuh
anda dan bertumpu pada bagian belakang tubuh anda.

Untuk mengurangi keluhan sakit pada bagian punggung maka disarankan untuk mengurangi penggunaan sepatu dengan hak tinggi, tetap memperhatikan peningkatan berat badan sesuai standard karena kalau berat badan bertambah secara berlebihan maka akan menyebabkan semakin berat beban punggung anda, memperhatikan posisi tubuh yang baik dengan menegakan tubuh anda selain itu anda juga harus memperhatikan sikap apabila anda akan mengambil barang hindari membungkuk. Hindari berdiri, duduk dan berjalan dengan waktu yang lama.

Bayi anda sudah bisa mengedipkan matanya di minggu ke 26 ini selain itu retina matanya telah mulai terbentuk. Aktifitas otaknya yang berkaitan dengan pendengarannya dan pengelihatannya sudah berfungsi, mungkin anda dapat memulai mendengarkan lagu yang ringan dan juga anda dapat mencoba
untuk memberi cahaya lbih disekitar perut, mungkin anda akan merasakan kalau bayi anda menganggukan kepala. Minggu ke 26 kehamilan berat badan bayi anda sudah mencapai 750-780 gram sedangkan tinggi badan bayi anda 35-38 cm.

Minggu ke 27 Kehamilan

Sekitar kehamilan minggu ke 27 ini anda harus sedikit berhati-hati dengan semakin meningkatnya tekanan darah anda. Apabila tekanan darah yang meningkat ini disebut dengan preeklamsia, hal ini harud diwaspadai karena dapat berakibat fatal terhadap bayi dan anda. Anda harus berhati-hati apabila anda mengalami pandangan mata yang kabur, berkeringat pada tangan dan wajah, meningkatnya berat badan secara tiba-tiba tanpa adanya peningkatan jumlah makanan, tiba-tiba anda merasa pusing tanpa sebab.
Sebaiknya hubungi dokter atau bidan untuk tindakan selanjutnya.

Sebaiknya semenjak awal kehamilan anda tidak melewatkan pertemuan dengan dokter anda, karena dari pertemuan dari dokter itulah tekanan darah anda dapat terdeteksi. Ada 2 kemungkinan yang mungkin dapat anda lakukan apabila memang anda memiliki tekanan darah tinggi, yang pertama adalah
untuk beristirahat di rumah lebih banyak atau anda akan beristirahat di rumah sakit dengan pengawasan yang ketat dari bayi anda.

Otak bayi anda sudah berkembang semakin baik dan sudah mulai dapat berpikir, mungkin anda pun berpikir hal apakah yang dipikirkan bayi dalam kandungan? tetapi tetap disarankan untuk berbagi cerita, kebahagian, musik atau apapun dengan bayi anda. Bagaimanapun setiap anda bercerita atau suami anda menyanyi bayi anda sudah mulai bisa mengenalinya karena minggu ke 27 ini jaringan ditelinganya mendekati sempurna. Bayi mungil anda mulai belajar bernafas walaupun dalam air, paru-parunya berlanjut berkembang untuk mempersiapka bayi bernafas ketika sudah lahir. Kelopak matanya sudah mulai belajar membuka dan retina matanya telah terbentuk. Berat bandan bayi anda 870-890 gram dengan tinggi badan 36-38 cm.

Minggu ke 28 Kehamilan

Anda mungkin akan merasakan kalau pada kenaikan berat badan di kehamilan trisemester merupakan kenaikan berat badan terbanyak dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya. Hal ini menunjukan pertumbuhan yang baik karena menujukan bahwa bayi anda pun mengalami perkembangan dan kenaikan yang tepat. Peningkatan berat badan ini tidak akan membuat anda terlihat
gendut karena kanaikan berat badan ini di distribusikan antara lain untuk bayi anda dan placenta, dan juga ke cairan ketuban bagi bayi anda, dan juga ke payudara anda. Jadi anda tidak perlu khawatir kalo anda tidak terlihat sexy. Justru wanita hamil terlihat lebih sexy.

Walaupun berat badan anda akan meningkat banyak pada trisemester ketiga bukan berarti anda dapat memanjakan diri dengan makan yang banyak dengan beranggapan bahwa memang trisemester ketigalah yang membuat anda semakin besar. Anda tetap harus memperhatikan pola makan sehat anda agar kenaikan berat badan anda dalam batas yang normal dan tidak berlebihan.
Selain itu juga tetaplah menjaga stamina dengan berolah raga.

Bagian mata bayi anda semakin sempurna karena bulu mata dan alis matanya telah terbentuk jelas begitu pula dengan matanya yang telah terbentuk sempurna. Tubuh bayi anda semakin baik dengan mulai berkembangnya jaringan lemak dibawah kulit dan volume tulang yang semakin kuat dan berisi.

Minggu ke 29 Kehamilan

Terkadang pada malam hari dan siang hari anda juga akan merasakan tegang atau kesemutan atau rasa terbakar pada kaki dan betis anda. Gejala ini sering menyerang justru pada saat anda beristirahat atau bahkan pada saat anda hendak tidur anda tidak dapat menggerakan kaki anda. Tapi rasa ini hanya menyerang sementara apabila anda terbangun dan duduk atau
mengubah posisi maka rasa itu akan hilang dengan sendirinya.

Mengurangi gejala kelelahan pada kaki ini dapat melakukan stretching pada kaki anda, mengompres kaki anda dengan air hangat dan air dingin, atau juga anda mandi dengan air dingin dan air hangat, memijat dengan pelan, melakukan latihan relaksasi. Selain itu juga hindari tidur-tiduran ditempat tidur, sebaiknya apabila anda benar-benar telah mengantuklah anda bisa berbaring dan tidur.

Sensitifitas dari bayi anda sudah semakin jelas, bayi sudah bisa mengidentifikasi perubahan suara, cahaya, rasa dan bau. Selain itu otak dari bayi sudah bisa mengendalikan nafas dan mengatur suhu badan dari bayi. Perkembangan otaknya ini yang merefleksikan bagian kepala bayi anda sudah menyesuaikan dengan otaknya yang juga membesar. Postur dari bayi anda sudah semakin sempurna sebagai seorang manusia. Berat badannya 1100-1200 gram dengan tinggi badan 37-39 cm.

Minggu ke 30 Kehamilan

Minggu ke 30 adalah saat yang indah untuk merasakan setiap tendangan dari bayi mungil anda. Mungkin anda akan merasakan perut anda seperti ada pertandingan sepak bola. Usahakan untuk tetap memperhatikan intensitas tendangan bayi apakah ada pengurangan jumlah tendangan atau tidak. Pada dasarnya tendangan bayi sudah dapat dirasakan pada trisemester kedua tapi tendangan ini semakin lama semakin intensif tetapi anda tidak perlu khawatir apabila memang terkadang tendangan agak sedikit berkurang dan akan aktif kembali beberapa saat kemudian. Sebaiknya pilihlah waktu dimana saat bayi anda paling aktif kalau bisa lakukan setiap hari pada waktu yang sama. Selanjutnya ambillah posisi yang nyaman dan duduk dengan tenang lalu rasakan setiap tendangan. Berhati-hatilah apabila dalam waktu beberapa jam tidak ada tendangan atau kurang dari 5 tendangan, sebaiknya langsung hubungi dokter anda. Mata indah bayi sudah mulai bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain dan dia sudah mulai belajar untuk membuka dan menutup matanya. Apabila anda mencoba untuk menyenteri perut anda dan menggerak-gerakan senter trsebut maka mati bayi anda sudah bisa menguti ke arah mana senter tersebut bersinar. Seiring dengan semakin besarnya bayi anda maka semakin berkuranglah cairan ketuban (amniotic fluid) bayi anda. Bayi anda sudah mulai memproduksi air mata. Usahakan untuk selalu tetap berbagi dengan bayi anda baik cerita atau musik. Berat badan bayi anda 1510-1550 gram dengan tinggi 39-40 cm.

Minggu ke 31 Kehamilan

Sering merasa kelelahan adalah juga salah satu dari keluhan yang mungkin timbul setelah anda memasuki akhir kehamilan trisemester kedua. Selain anda mungkin juga sudah semakin berat dan mungkin anda juga mengalami kesulitan tidur atau bahkan mungkin anda terlalu banyak beban pikiran atau mimpi-mimpi atau fantasi.

Rasa lelah ini sebenarnya adalah suatu petunjuk bahwa anda harus lebih relax dan tenang. Kurangilah kegiatan berat anda dan lakukanlah kegiatan yang membuat anda bahagia serta lebih tenang. Lakukan beberapa hobi yang menyenangkan yang sempat tertunda. Selama kelelahan ini masih dalam batas yang wajar maka nikmatilah hidup yang lebih santai terkecuali anda mengalami kelelahan yang amat sangat maka anda dapat menghubungi dokter anda.

Perkembangan fisik bayi sudah mulai melambat pada fase ini hanya berat badan bayilah yang akan bertambah. Selain itu lapisan lemak akan semakin bertambah dibawah jaringan kulitnya. Tulang pada tubuh bayi sudah mulai mengeras dan berkembang dan mukai memadat dengan zat-zat penting
seperti kalsium, zat besi, fosfor. Berkebalikan dengan perkembangan fisiknya, pada fase ini perkembangan otaknyalah yang berkembang dengan sangat pesat dengan menghasilkan bermilyar sel. Apabila anda sudah terbiasa mendengarkan bayi anda dengan musik maka pada minggu ke 31 ini bayi anda sudah mulai bergerak apabila anda perdengarkan musik. Berat badan bayi anda 1550-1560 gram dengan tinggi 41-43 cm.

Minggu ke 32 Kehamilan

Anda mungkin sudah mulai memperhatikan bila kadang-kadang anda merasa rahim anda mengeras atau kontraksi. Hal ini sering disebut sebagai Braxton Hicks Contraction. Kontraksinya bisa terjadi sekitar 40-60 detik tetapi tidak terjadi secara terus menerus dan tanpa disertai rasa sakit. Apabila anda merasakan kontraksi seperti ini bukan berarti tanda anda sudah waktunya melahirkan tetapi karena menegangnya rahim, memang Braxton Hicks Contraction ini merupakan proses awal suatu kelahiran dimana leher rahim anda mulai terbuka.

Apabila anda mengalamai Braxton Hicks Contraction maka disarankan anda mempraktekan cara pernafasan yang telah anda pelajari pada kelas senam kehamilan, selain itu minumlah air putih karena ada kemungkinan kontraksi ini terjadi karena anda membutuhkan cairan lebih. Apabila kontraksi ini agak mulai membuat anda tidak nyaman maka ada baiknya anda rebahan lalu bangun dan duduk dan berjalan ringan. Anda perlu berhati-hati apabila kontraksi ini mulai semakin intens dengan minimal lima kali
kontraksi dalam 1 jam atau kontraksi terjadi lebih dari 60 detik dengan interval setiap 5 menit. Terasa sakit di punggung bawah. Pecahnya ketuban atau bercak darah maka anda harus segera menghubungi dokter atau bidan anda.

Kuku dari jari mungil tangan dan kaki bayi sudah lengkap dan sempurna. Rambutnya pun semakin banyak dan semakin panjang karena pada saat itu belum ada tukang potong rambut. Minggu ke 32 ini bayi anda sudah mulai bisa bermimpi, mungkin anda penasaran hal apakah yang dimimpikan bayi? Berat badan bayi anda sudah mencapai 1.700-1750 gram dengan tinggi badan 40-42 cm.

Minggu ke 33 Kehamilan

Pada saat ini anda mungkin berat badan anda sudah bertambah lagi sekitar 1-1,5 kg. Hal ini membuat membuat rahim anda mendorong kearah diafragma yang menyebabkan anda menjadi mual-mual dan bahkan anda merasa kalau nafas anda lebih pendek atau ngos-ngosan. Hal ini adalah sudah biasa
terjadi karena jumlah pernafasan yang anda lakukan lebih meningkat pada saat anda hamil, terlebih lagi apabila anda mengalami kehamilan kembar mungkin semakin banyak intensitas pernafasan yang anda lakukan.

Anda tidak perlu khawatir bayi akan kekurangan oksigen dengan pendeknya nafas anda karena tubuh anda juga telah menyesuaikan diri dengan kehamilan ini kebutuhan oksigen bagi anda dan bayi maka bernafaslah secara normal dan selain itu sedikit relax, ambil nafas dalam-dalam, perhatikan
postur tubuh anda hindari membungkuk.

Otak bayi anda semakin pesat berkembang pada saat ini juga otak bayi anda sudah mulai bisa berkoordinasi antara lain bayi sudah menghisap jempolnya dan sudah bisa menelan. Walaupun tulang-tulang bayi sudah semakin mengeras tetapi otot-otot bayi anda belum benar-benar bersatu. Bayi sudah bisa mengambil nafasa dalam-dalam walaupun nafasnya masih di dalam air. Apabila bayi anda laki-laki maka testical bayi sudah mulai turun dari perut menuju scrotum. Berat badan bayi anda 1800-1900 gram dengan tinggi badan sekitar 43-45 cm.

Minggu ke 34 Kehamilan

Anda akan mengalami lagi kesulitan tidur di trisemester ketiga. Pada saat ini yang lebih anda rasakan adalah anda merasakan seperti anda membawa ember di perut anda dan setiap anda merubah posisi tidur, cairan dalam ember tersebut seperti bergerak-gerak. Selain perasaan ketidaknyamanan tersebut anda juga akan mengalaminya lagi yaitu rasa semakin sering berkemih.

Posisi tidur yang mungkin anda dapat nikmati adalah tidur miring ke arah kiri dan menngunakan bantal atau guling diatara kaki anda apabila hal ini tetap tidak memberikan posisi nyaman anda dapat menyangga tubuh anda dengan bantal yang lebih banyak dengan posisi tubuh bagian atas lebih tinggi daripada bagian bawah. Posisi tidur miring kesamping adalah posisi yang baik bagi wanita hamil karena posisi ini memberikan posisi maksimal aliran darah dan nutrisi pada bayi anda dan membantu ginjal anda untuk mengurangi produksi kotoran. Anda dapat mengurangi jumlah asupan minuman sebelum anda tidur.

Bayi anda sudah dapat membuka mata apabila bayi baru saja bangun tidur dan dia akan menutup mata apabila mengantuk dan tidur, andapun sudah dapat memperhatikan jadwal tidurnya. Selain sudah bisa membuka dan menutup mata, bayi juga sudah mulai mengedipkan matanya. Minggu ke 34
kehamilan tubuh anda sedang mengirimkan antibodi melalui darah anda ke dalam darah bayi yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuhnya dan proses ini akan tetap terus berlangsung bahkan lebih mendetail pada saat anda mulai menyusui. Berat Badan bayi anda 2000-2010 gram dengan tinggi badan sekitar 45-46 cm.

Minggu ke 35 Kehamilan

Pada beberapa wanita akan merasakan gatal disekitar perut atau bahkan akan timbul garis merah. Hormon kehamilan yang menunjang terjadinya rasa gatal tersebut selain itu juga pembesaran pada perutlah menyebabkan jaringan kulit pun membesar, terkadang pembesaran ini juga disertai dengan rasa gatal. Pada beberapa wanita akan timbul seperti bentol-bentol merah yang timbul disekitar perut dan diantara stretchmark ysng meluas kesekitar paha dan tangan. Rasa gatal ini juga terjadi karena adanya reaksi iritasi pada kehamilan atau yang disebut dengan pruritic urticarial papules.

Reaksi seperti alergi diatas tidak berbahaya bagi anda maupun bayi, mungkin dapat dikurangi dengan pemberian salep yang akan ditentukan oleh dokter anda. Berhati-hatilah apabila rasa gatal menyerang sangat intens karena dapat dicurigai adanya ketidak normalan pada liver anda ataupun apabila rasa gatal disertai dengan pembesaran pada bentol-bentol yang disertai dengan sisik maka hal ini juga dapat dicurigai terjadinya herpes pada kehamilan. Apabila kedua hal terjadi langsung hubungi dokter anda.

Pada minggu ke 35 fungsi pendengarannya sudah berfungsi secara sempurna. Lemak dari tubuh bayi sudah mulai memadat pada bagian kaki dan tangannya, lapisan lemak ini berfungsi untuk memberikan kehangatan pada tubuhnya. Bayi sudah semakin membesar dan sudah mulai memenuhi rahim anda.
Apabila bayi anda laki-laki maka di bulan ini testisnya telah sempurna. Berat badan bayi anda 2300-2350 gram dengan tinggi badan sekitar 45-47 cm.

Minggu ke 36 Kehamilan

Saat ini adalah waktu yang baik untuk anda menyediakan waktu khusus membuat rencana kelahiran. Rencana kelahiran perlu disiapkan agar pada saatnya mendekati persalinan semua berjalan lancar, pada dasarnya apabila
anda belum menyiapkan rencana kelahiran dan pada saat melahirkan
terjadi anda sudah tidak mungkin lagi berpikir apa yang harus dilakukan.

Rencana kelahiran ini dapat berupa menyiapkan semua pakaian anda yang
mungkin dibutuhkan di dalam koper apabila anda dirawat di rumah sakit
pada saat melahirkan. Hubungi rumah sakit dimana anda akan dirawat karena
di beberapa rumah sakit di Jakarta diharuskan memesan kamar beberapa
minggu sebelum melahirkan. Apabila diperkirakan antara rumah dan rumah
sakit pilihan anda letaknya berjauhan maka ada kemungkinan kalau anda
sudah menginap di rumah saudara atau hotel terdekat dengan rumah sakit.
Apabila anda tidak memiliki asuransi maka persiapkan dana anda.

Kulit bayi anda sudah semakin halus dan sudah menjadi kulit bayi.
Lapisan lemak sudah mulai mengisi bagian lengan dan betis dari bayi. Ginjal
dari bayi sudah bekerja dengan baik dan livernya pun telah memproduksi
kotoran. Saat ini paru-paru bayi anda sudah bekerja baik bahkan sudah
siap bertemu dengan mama dan papa. Berat badan bayi 2400-2450 gram
dengan tinggi badan 47-48 cm.

Minggu ke 37 Kehamilan

Dimulai dengan minggu ke 37 kehamilan adalah saat yang mendebarkan
bagi anda karena ada kemungkinan tiba-tiba bayi sudah siap lahir. Masih
teringat dengan kontraksi Braxton Hicks? anda akan merasakan kontraksi
ini lebih sering dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya tetapi
mungkin di minggu-minggu akhir ini kontraksi akan semakin sering anda
alami.

Anda harus semakin memperhatikan kontraksi yang anda alami apakah
kontraksi yang anda alami merupakan Braxton Hicks atau memang kontraksi akan
melahirkan, maka hal-hal yang akan membedakan pada kontraksi akan
melahirkan adalah antara kontraksi yang satu dengan yang lain berdekatan,
kontraksinya semakin menguat, jangka waktu kontraksinya lebih lama,
kontraksi semakin menguat apabila anda berjalan. Anda akan merasakan kalo
bayi anda posisinya telah turun. Selain itu anda harus semakin
memperhatikan apabila terjadinya vlek dengan sedikit darah maka langsung hubungi
dokter anda.

Beberapa minggu yang lalu bayi bisa bereaksi terhadap senter yang anda
senterkan di perut anda sedangkan pada minggu ini bayi anda sudah bisa
melihat adanya cahaya diluar rahim. Bayi pada saat in sedang belajar
untuk mengenal aktifitas harian maka andalah yang harus mengajari
bagaimana dan berapa jam waktu terang atau siang hari dan berapa lamakah waktu
istirahat atau gelap, waktu dimana anda mengajari bayi untuk
beristirahat. Selain itu bayi juga sedang belajar untuk melakukan pernafasan
walaupun pernafasannya masih dilakukan di dalam air. Berat badan bayi di
minggu ini 2700-2800 gram dengan tinggi
48-49 cm

About madinaid
it consultan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: